Detail

soal latihan menyunting

  1. Para siswa-siswa sekalian, setiap kegiatan hendaknya kita jalani dengan hati riang gembira. Kalimat tersebut akan menjadi efektif bila diperbaiki menjadi ….
  1. Para siswa sekalian, setiap kegiatan hendaknya kita jalani dengan hati riang gembira.
  2. Siswa-siswa sekalian, setiap kegiatan hendaknya kita jalani dengan hati riang gembira.
  3. Para siswa, setiap kegiatan hendaknya kita jalani dengan hati riang gembira.
  4. Para siswa-siswa sekalian, kegiatan-kegiatan hendaknya kita jalani dengan hati riang gembira.
Alasan kalimat tersebut tidak efektif adalah …………………………………………………………….
  1. Di sekolah akan mengadakan kegiatan bakti sosial ke panti asuhan.
Kalimat tersebut manjadi efektif apabila .…
  1. kata depan di dihilangkan
  2. kata mengadakan diganti menyelenggarakan
  3. kata kegiatan dihilangkan
  4. kata depan di diganti pada
Alasan kalimat tersebut tidak efektif adalah …………………………………………………………….
  1. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.
Kalimat penutup surat di atas kurang tepat. Karena itu, perlu diperbaiki menjadi ….
  1. Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.
  2. Terima kasih atas perhatiannya.
  3. Demikian, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
  4. Begitulah, atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.
Alasan kalimat tersebut tidak efektif adalah …………………………………………………………….
  1. Bacalah paragraf berikut ini.
Dengan mengkonsumsi ASI, bayi mempunyai kesempatan untuk tumbuh menjadi manusia yang sehat secara pisik karena bayi mendapatkan makanan terbaik dan tak ternilai harganya. ASI membuat anak lebih berpotensi menjadi anak yang cerdas, mempunyai emosi yang lebih stabil, mengalami perkembangan spirituil yang positif, serta perkembangan sosial yang baik. Tidak ada susu buatan manusia yang dapat mendekati apalagi menyamai keuntungan alami yang di berikan ASI.
Penulisan kata yang perlu diperbaiki dari paragraf di atas adalah ….
  1. mengkonsumsi,  pisik, spirituil, di berikan
  2. mengkonsumsi,  pisik, spirituil, sosial, di berikan
  3. mengkonsumsi,  pisik, spirituil, ASI
  4. alami,  pisik, spirituil, di berikan
 
  1. Perhatikan kalimat berikut ini.
Saat ini subsidi BBM sangat membebani pemerintah/APBN sehingga subsidi BBM kurang mencerminkan keadilan yang disebabkan tidak tepat sasaran.
Yang menyebabkan kalimat tersebut tidak efektif adalah ....
  1. memiliki subjek ganda
  2. menggunakan makna jamak ganda
  3. menggunakan ungkapan tidak logis
  4. menggunakan kata-kata berlebihan
  1. Perhatikan kalimat berikut ini.
  1. Manusia harus bertakwa kepada Yang Maha Esa
  2. Tuhan Maha Adil dan Maha Kuasa
  3. Tuhan Maha Pengasih dan Maha Penyayang
  4. Sebaiknya kita segera memohon ampunannya.
Penulisan yang sudah tepat ditandai nomor ....
  1. (1) dan (2)
  2. (2) dan (3)
  3. (1) dan (3)
  4. (3) dan (4)
  1. Jenazah yang meninggal dunia akibat kecelakaan sudah dibawa keluarganya.
Penyuntingan yang tepat kalimat tersebut adalah ....
  1. Jenazah yang tutup usia akibat kecelakaan sudah dibawa keluarganya.
  2. Jenazah yang tewas akibat kecelakaan sudah dibawa keluarganya.
  3. Korban yang meninggal dunia akibat kecelakaan sudah dibawa keluarganya.
  4. Korban yang sudah sekarat akibat kecelakaan sudah dibawa keluarganya.
Alasan kalimat tersebut tidak efektif adalah …………………………………………………………….
  1. Manakah penulisan yang benar?
  1. Rudi kuliah di UNNES, adiknya  di IKIP PGRI Semarang. Dosennya Prof. Dr. Ir. Sri Subekti, MA.
  2. Rudi kuliah di Unnes, adiknya  di IKIP PGRI Semarang. Dosennya Prof. Dr. Ir. Sri Subekti, M.A.
  3. Rudi kuliah di Unnes, adiknya  di Ikip PGRI Semarang. Dosennya Prof. Dr. Ir. Sri Subekti, M.A.
  4. Rudi kuliah di Unnes adiknya  di IKIP PGRI Semarang. Dosennya Prof. Dr. Ir. Sri Subekti, M.A.
  1. Manakah penulisan yang benar?
  1. Saya sudah membaca jadual pelajaran hari Jumat. Ada materi dari buku Flora Dan Fauna.
  2. Saya sudah membaca jadwal pelajaran hari Jum’at. Ada materi dari buku Flora dan Fauna.
  3. Saya sudah membaca jadual pelajaran hari Jum’at. Ada materi dari buku Flora Dan Fauna.
  4. Saya sudah membaca jadwal pelajaran hari Jumat. Ada materi dari buku Flora dan Fauna.
 
  1. Manakah penulisan yang benar?
  1. Apakah Saudara bertemu saudara saya disekitar pasar Bulu?
  2. Apakah Saudara bertemu Saudara saya di sekitar Pasar Bulu?
  3. Apakah Saudara bertemu saudara saya di sekitar Pasar bulu?
  4. Apakah saudara bertemu saudara saya disekitar Pasar Bulu?
  1. Manakah penulisan yang benar?
  1. Perbuatan menconteknya sangat mencolok. Ahirnya dia dikenai sangsi.
  2. Perbuatan menconteknya sangat menyolok. Akhirnya dia dikenai sanksi.
  3. Perbuatan menyonteknya sangat mencolok. Akhirnya dia di kenai sangsi.
  4. Perbuatan menyonteknya sangat menyolok. Akhirnya dia dikenai sanksi.
  1. Manakah penulisan yang benar?
  1. Belilah mangga, kurma, dan kelapa! Ketiganya akan di buat juz.
  2. Belilah mangga, kurma, dan kelapa. Ke-tiganya akan dibuat juz.
  3. Belilah mangga, kurma dan kelapa! Ke-3 nya akan dibuat juz.
  4. Belilah:  manga, kurma, dan kelapa! Ketiganya akan dibuat juz.
  1. Manakah penulisan yang benar?
  1. KTPnya sudah jelas satu, tetapi dia berSIM dua. Biaya pembuatan SIM Rp. 150.000,-
  2. KTP-nya sudah jelas satu, tetapi dia ber-SIM dua. Biaya pembuatan SIM Rp150.000,00.
  3. KTP-nya sudah jelas 1, tetapi dia ber-SIM 2. Beaya pembuatan SIM Rp150.000,-.
  4. KTPnya sudah jelas satu tetapi dia berSIM dua. Beaya pembuatan SIM Rp150.000,00.
  1. 1) Warga negara yang baik berusaha untuk menyukseskan program pemerintah
2) Para siswa sedang asyik  menganalisa kalimat yang ditulis di papan tulis itu
3) Setiap hari Senin, para siswa mengikuti upacara bendera di lapangan
4) Anda jangan kuwatir, persediaan beras di gudang masih cukup banyak.
 
 Kata bercetak miring yang baku ditandai oleh nomor ….
 a. 1), 2)           b. 2), 3)            c. 1), 3)              d. 2), 4)
  1. Perhatikan paragraf berikut ini!
  1. Kota Semarang sering menerima banjir kiriman dari daerah lain.
  2. Kejadian seperti itu dapat menelan banyak korban jiwa maupun harta benda.
  3. Korban banjir kiriman merasa sangat senang karena dipublikasikan di mana-mana.
  4.  Semua itu dapat dipelajari terutama berkaitan dengan faktor penyebab yaitu rusaknya alam.
  5. Hutan mulai habis ditebangi sehingga menjadi gundul.
Kalimat yang menyebabkan paragraf tersebut kurang padu adalah nomor ....
  1. (1)
  2. (3)
  3. (4)
  4. (5)
  1. Bacalah dengan cermat paragraf berikut ini!
Petani di desa Losari, Rembang, Purbalingga belakangan ini dibuat pusing oleh ulah kawanan kera yang menyerang tanaman mereka, secara membabi buta. Kawanan kera yang jumlahnya ribuan menyerang tidak kenal waktu. Serangan ini menyebabkan rusaknya tanaman petai yang siap panen, singkong yang mulai berbuah dan kapulaga yang mulai berbunga.
Pernyataan yang sesuai untuk menanggapi paragraf tersebut adalah....
  1. Paragraf tersebut sudah bagus sehingga tidak perlu disunting lagi.
  2. Paragraf tersebut kurang padu yang disebabkan oleh kalimat ketiga.
  3. Kalimat pertama paragraf tersebut perlu disunting agar tidak terlalu panjang.
  4. Pargaraf tersebut memiliki lebih dari satu gagasan utama sehingga perlu dijadikan dua.
 
  1. Dalam rapat itu membahas masalah peraturan lomba.
Kalimat tersebut tidak efektif karena __________________________________________
Perbaikannya: ________________________________________________________
  1. Bagi siswa yang terlambat supaya menandatangani surat pernyataan.
Kalimat tersebut tidak efektif karena __________________________________________
Perbaikannya: ________________________________________________________
  1. Beberapa siswa-siswa tidak mengerjakan PR karena malas.
Kalimat tersebut tidak efektif karena __________________________________________
Perbaikannya: ________________________________________________________
  1. Masyarakat saling saling bantu-membantu dalam membuat rumah.
Kalimat tersebut tidak efektif karena __________________________________________
Perbaikannya: ________________________________________________________
 
 
Share:
Categories
Berita Terbaru
latihan soal pas

Perhatikan kutipan teks laporan berikut! Ubi ungu bisa digunakan untuk mera...

macam macam majas

Majas dalam cerpendipakai sebagai sarana untuk melukiskan latar atau keadaan dengan jalan menyamakan...

frasa dan konjungsi

Garis bawahilah frasa pada kalimat-kalimat berikut ini! Pak Sandra menggambar pohon di pa...

soal latihan menyunting

Para siswa-siswa sekalian, setiap kegiatan hendaknya kita jalani dengan hati riang gembira. Kalim...